Monday, 2 October 2017

Klasifikasi Motor Bakar Pada Mobil atau Sepeda Motor

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita pikirkan: "apa sih mesin itu? kenapa mesin tu dapat menggerakan mobil atau sepeda motor?" mesin menurut KBBI adalah perkakas untuk menggerakkan atau membuat sesuatu yang dijalankan dengan roda, digerakkan oleh tenaga manusia atau motor penggerak, menggunakan bahan bakar minyak atau tenaga alam. Mesin yang ada pada mobil atau sepeda adalah motor bakar ( mesin yang mengubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik ).
Motor Bakar dibagi menjadi 2, yaitu :

1. Mesin Bensin dengan karakteristik : – kecepatannya tinggi dan tenaganya besar, mudah pengoperasiannya, pembakarannya sempurna, umumnya digunakan untuk mobil penumpang dan truk yang kecil dsb.
Mesin Bensin dikelompokan menjadi 2 yaitu :
A. Motor 4 Tak atau 4 Langkah
Gambar Mesin Bensin 4 Tak
Motor 4 tak adalah motor dimana dalam menyelesaikan 1 sklus pembakaran memerlukan 4 kali langkah torak dengan 2 kali putaran poros engkol.
Langkah hisap:
Katup masuk terbuka, katub buang tertutup, torak bergerak dari TMA ke TMB, akibat gerakan torak menimbulkan kevakuman di dalam silinder sehingga campuran bahan bakar dan udara terhisap masuk ke ruang silinder.
Langkah Kompresi:
Katup masuk dan katup buang tertutup, torak bergerak dari TMB ke TMA, akibat gerakan torak terjadi penekanan atau kompresi campuran bahan bakar dan udara sehingga temperatur di dalam ruang bakar meningkat, sesaat sebelum torak mencapai TMA busi memercikkan bunga api.
Langkah Usaha;
Katup masuk dan katup buang tertutup, akibat percikan bunga api busi terjadi ledakan pembakaran yang menimbulkan tekanan yang menyebabkan torak bergerak dari TMA ke TMB, bergeraknya torak ke TMB meneruskan tenaga penekanan ke poros engkol.
Langkah Buang:
Katup masuk tertutup, katup buang terbuka, torak bergerak dari TMB ke TMA, akibat gerakan torak gas sisa pembakaran terdorong ke luar melalui exhouse manifol.
B. Motor 2 Tak atau 2 Langkah

Gambar Mesin Bensin 2 Tak
Motor 2 tak adalah motor dimana dalam menyelesaikan 1 sklus pembakaran memerlukan 2 kali langkah torak dengan 1 kali putaran poros engkol.
  • Saat torak bergerak dari TMB ke TMA: – di bawah torak terjadi penghisapan campuran bahan bakar dan udara dari karburator, diatas torak terjadi kompresi sehingga temperatur meningkat sesaat sebelum torak sampai TMA busi memercikkan bunga api.
  • Saat torak bergerak dari TMA ke TMB: – di atas torak terjadi usaha akibat terjadinya ledakan pembakaran yang diteruskan ke poros engkol, saluran buang terbuka sehingga gas sisa pembakaran keluar, rongga bilas terbuka sehingga gas baru masuk ke ruang bakar. di bawah torak saluran masuk tertutup akibat gerakan torak dari TMA ke TMA terjadi kompresi bawah yang mendorong campuran bahan bakar dan udara naik ke ruang bakar melalui rongga bilas.

2. Mesin Diesel dengan karakteristik : – Efisiensi panasnya tinggi, bahan bakar hemat, kecepatannya lebih rendah dibanding mesin bensin, getarannya besar dan agak berisik, harga lebih mahal, umumnya digunakan untuk kendaraan jarak jauh (kendaraan niaga, truk besar dsb.)


Gambar mesin diesel



No comments:

Post a Comment