Rem Cakram (disc Brake) memiliki komponen yang lebih ringkas daripada jenis rem lainya. Komponen -komponen tersebut yaitu :
Komponen pertama, adalah piringan rem atau disc brake. Fungsi piringan adalah sebagai media penekanan oleh kampas rem untuk menimbulkan efek braking. Disc brake berbahan baja karena komponen ini harus menahan panas yang dihasilkan dari gaya gesek yang terjadi saat proses pengereman. Piringan sendiri memiliki dua jenis.
Jenis Ventilated disc banyak diaplikasikan pada rem cakram sepeda motor. Cirinya, jenis ini memiliki lubang disekitar piringan dan biasanya memiliki bentuk yang lebih tipis. Lubang itu akan dimaksimalkan untuk proses pendinginan piringan.
Solid disc akan kita temui pada rem cakram mobil. Piringan ini juga berbahan besi baja namun memiliki ketebalan yang lebih besar dan tidak terdapat lubang disekitar piringan. Hal ini memungkinkan daya pengereman bisa lebih kuat.
Kampas rem atau brake pad adalah komponen yang berfungsi menekan piringan rem saat proses pengereman diaplikasikan. Untuk menghasilkan pengereman yang optimal, brake pad harus memiliki gaya gesek yang besar dan dapat pula menahan panas.
Dulu, brake pad dibuat dari bahan asbes,namun saat ini penggunaan asbes pada komponen otomotif sudah dilarang karena debu asbes tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Saat ini, bahan yang marak dipakai adalah paduan keramik dan serbuk besi.
Dengan bahan ini, maka gesekan yang dihasilkan bisa lebih besar dengan panas yang wajar dan pastinya lebih ramah lingkungan.
3. Caliper Rem
Kaliper rem adalah komponen yang akan mengubah tekanan fluida menjadi gerakan mekanis yang akan menekan brake pad. Singkatnya,tekanan hidraulik yang masuk ke kaliper akan diubah menjadi gerakan mekanis untuk menjepit brake pad. Brake Caliper memiliki dua jenis yaitu
Single Piston (Floating Caliper)
Tipe pertama hanya memiliki satu piston yang aktif bergerak untuk menekan brake pad. Namun bukan berarti hanya satu sisi saja yang tertekan. Sisi lain otomatis tertekan karena pada tipe floating, posisi caliper bisa bergeser untuk menekan brake pad.
Double Piston (Fixed Caliper)
Untuk tipe kedua memiliki dua buah piston yang aktif menekan kedua sisi brake pad. Jenis satu ini memiliki daya pengereman yang lebih kuat dan seimbang namun konstruksi caliper jenis double piston rumit.
4. Pedal/Tuas Rem
Pedal atau tuas rem adalah komponen yang bertugas sebagai media untuk mengaktifkan sistem rem. Pedal rem bekerja dengan prinsip tuas sederhana. Dimana ketika tuas atau pedal yang memiliki lengan yang lebih panjang maka akan lebih mudah untuk menekan benda dengan gaya yang besar.
Pedal atau tuas rem didesain seperti tuas sederhana untuk memperoleh gaya penekanan yang besar dengan aksi yang kecil. Sehingga daya pengereman diharapkan juga dapat maksimal.
5. Master silinder
Master silinder akan mengubah gerakan mekanis pedal rem menjadi tekanan hidraulis. Master silinder memiliki komponen piston yang terhubung dengan pedal rem. Piston ini akan menekan fluida berdasarkan hukum pascal. Master silinder juga memiliki dua jenis yaitu;
Master silinder tipe tunggal memiliki satu buah piston dan satu outlet hose. Artinya keempat roda akan dikendalikan dari satu buah piston ini.
Master silinder tipe tandem atau ganda memiliki dua buah piston dan dua outlet hose yang akan memisahkan pengendalian roda depan dan belakang. Sistem ini lebih aman karena ketika satu piston tidak berfungsi, masih ada satu piston lagi untuk melaksanakan proses pengereman.
6. Reservoir
Reservoir adalah komponen yang berfungsi menampung fluida atau minyak rem cadangan. Tabung reservoir terletak menyatu dengan master silinder. didalam tabung ini biasanya memiliki sebuah sensor untuk mendeteksi level volume minyak rem. Sehingga saat sistem rem mengalami kekurangan fluida, akan ada informasi terkait di multi info display.
7. Selang Hidrolik
Selang hidraulis menjadi komponen yang akan mendistribusikan fluida rem ke setiap sistem. Tekanan didalam sistem rem beragam. Sehingga selang ini juga harus dapat menahan tekanan yang beragam itu. Umumnya,selang hidraulis terbuat dari baja dengan harapan tidak terjadi kebocoran fluida pada sistem pengereman.
8. Booster Rem
Booster rem fungsinya sebagai assist yang akan meringankan penekanan pedal rem tanpa mengurangi daya pengereman. Booster rem akan melipat gandakan energi pengereman yang diaplikasikan oleh pengguna.
Booster rem dibuat dari membran yang terhubung dengan intake manifold. Saat terdapat kevakuman di intake manifold, membran yang terhubung dengan master silinder akan menarik pedal rem namun tidak sampai melakukan pengereman. Saat pengemudi menginjak pedal rem rasanya akan sangat ringan karena sudah dibantu dengan tarikan membran booster rem. Pada mesin diesel umumnya menggunakan pompa vakum karena kevakuman di intake manifold diesel kurang signifikan.
Demikian penjelasan secara singkat komponen-komponen dan fungsinya dari rem cakram.
Salam Otomotif gan...
ReplyDeleteKunjungi juga blog saya.. www.masbengkel.com
Makasih bosse
ReplyDeleteMakasih broo
ReplyDeleteMantep lah
ReplyDeletegambarnya ada yang hilang apa belum di kasih gan
ReplyDeleteBermanfaat brot..
ReplyDelete